• Gereja HKBP Sudirman Jadi Ikon Sejarah Kota Medan

    Medan – Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jalan Sudirman didirikan tanggal 1 Agustus 1912. Karena itu, gereja ini layak menjadi salah satu heritage dan ikon sejarah bagi Kota Medan. Oleh karena itu, keberadaan gereja ini harus dipertahankan dan dirawat.

    “Pemko Medan sendiri sangat mendukung proses revitalisasi gereja HKBP Sudirman ini. Bangunan ibadah ini adalah bangunan bersejarah, bisa menjadi ikon dan heritage Kota Medan. Karena itu wajar kalau dirawat,” kata Walikota Medan Rahudman Harahap di ruang khusus Walikota, Selasa (15/5).

    Mantan Asisten IV Pemprop Sumut ini menyampaikan hal itu kepada Panitia Perayaan Jubileum 100 Tahun HKBP Sudirman yang dipimpin oleh Ketua Umum JB Siringo-ringo (Kepala Dinas Kehutanan Sumut), Ketua I Ny Intan br Panggabean, Sekretaris Umum Ir Sihar P Panjaitan MT.

    Lalu Bendahara Umum Ny Lince Tobing br Napitupulu, Bendahara I Fransiska br Munthe, Pendeta (Pdt) Donald Sianturi MDiv selaku Pdt Resort HKBP Medan Sudirman, serta Hanna Lorre br Simanjuntak unsur panitia. Walikota menyebutkan, untuk mendukung proses pemeliharaan Gereja HKBP Sudirman tersebut, Pemko Medan akan membantu pembangunan pagar dan lampu penerangan di sekitar gereja. Terkait pelaksanaan Jubileium 100 Tahun yang direncanakan berlangsung 1-2 September 2012, Walikota menyatakan siap untuk menghadiri acara tersebut.

    Ia bahkan menyarankan agar Panitia Jubileum menyiapkan proses lelang yang baik demi terkumpulnya dana untuk Gereja HKBP Sudirman dengan sebaik mungkin. “Kalau bisa yang dilelang nanti semacam souvenir terkait Gereja HKBP Sudirman atau Kota Medan. Unang holan ulos na dilelang hamu. Nunga godang ulos di jabuku (Jangan ulos saja yang dilelang Panitia. Ulos sudah banyak di rumah saya -red),” kata Walikota dengan nada bercanda.

    Panitia tersenyum dan mengangguk dengan setuju dengan saran Walikota Medan. JB Siringo-ringo menyebutkan saran Walikota sangat baik demi terkumpulnya dana pembangunan gedung di lokasi belakang Gereja HKBP Sudirman yang ditaksir mencapai Rp 7 miliar.

    Ny Intan Panggabean menambahkan, saran Walikota Medan sangat baik demi terwujudnya kesatuan tekad jemaat, baik dalam proses pembangunan fisik gereja maupun dalam pembangunan non-fisik, terutama dalam pembangunan kerohanian jemaat. (MWP)

    Sumber: http://www.pustakalewi.net/?mod=berita&id=9339


Komentar Anda akan dimoderasi oleh Admin sebelum ditampilkan ke publik...